Featured Posts

banner image

Recent in Sports

banner image

Pengertian Riba, Macam-macam Riba, Ayat dan Hadits Tentang Riba


Pengertian Riba 

Riba menurut bahasa adalah "lebih/bertambah". Sedenagkan pengertian syara'nya adalah aqad yang terjadi pada pertukaran benda sejenis tanpa diketahui sama atau tidak timbangan atau takarannya. Hal ini sering terjadi dalam pertukaran bahan makanan, perak, dan emas. 

Guna menghindari riba maka apabila mengadakan transaksi jual-beli barang sejenis, seperti emas dengan emas, atau perak dengan perak, harus ditetapkan syarat:

1. Sama timbangan ukurannya; atau
2. Dilakukan serah-terima pada saat itu juga;
3. Secara tunai

Apabila bukan barang sejenis, seperti emas dengan perak maka boleh berbeda takarannya, namun tetap harus secara tunai dan diserah-terimakan pada saat itu juga. Kecuali barang yang berlainan jenis dengan perbedaan seperti perak dengan beras, dapat berlaku ketentuan jual-beli sebagaimana barang-barang yang lain. 

Macam-Macam Riba

Sebagian ulama berpendapat riba ada 4 macam, yaitu:
1. Riba Fadhli, adalah pertukaran barang sejenis yang tidak sama timbangannya. Misalnya cincin emas 22 karat seberat 10 gram ditukar dengan barang lain yang juga terbuat dari emas 22 karat namun sebarat 11 gram. Kelebihannya itulah yang termasuk riba. 

2. Riba Qardhi, adalah pinjam-meminjam dengan syarat harus memberikan kelebihan pada saat mengembalikannya. Misalnya si A bersedia meminjamkan uang kepada si B uang sebesar Rp 100.000 asalkan si B bersedia mengembalikan Rp 120.000. Bunga pinjaman itulah yang disebut riba. 

3. Riba Yad, adalah aqad jual-beli barang sejenis dan sama timbangannya, namun penjual dan pembeli berpisah sebelum melakukan serah-terima. Seperti penjual kacang dengan ketela yang masih di dalam tanah.

4. Riba Nasa', adalah aqad jual-beli dengan penyerahan barang beberapa waktu kemudian. Misalnya, membeli buah-buahan yang masih belum masak dipohonnya, kemudian diserah-terimakan setelah masak atau layak dipetik. Contoh lain misalnya membeli padi pada saat padi belum berbuah, tetapi diserahkan setelah dipanen. 

Sebagian ulama yang lain menggolongkan riba menjadi 3 golongan dengan memasukkan Riba Qardhi ke dalam Riba Nasa'. Tapi, apapun macam dan jenisnya riba dilarang keras dalam Islam. 

Ayat-Ayat Alquran Tentang Riba

1. "Allah telah menghalalkan jual-beli dan mengharamkan riba." (Q.S. Al Baqarah:275); 
2. "Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan selalu berbuat dosa." (Q.S. Al Baqarah:276)

Hadits Tentang Riba

"Jabir radiallahuanhu berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat pemakan riba (rentenir), penyetor riba (nasabah yang meminjam), penulis transaksi riba (sekretaris) dan dua saksi yang menyaksikan transaksi riba.” Kata beliau, “Semuanya sama dalam dosa.” (HR. Muslim no. 1598).
Pengertian Riba, Macam-macam Riba, Ayat dan Hadits Tentang Riba Pengertian Riba, Macam-macam Riba, Ayat dan Hadits Tentang Riba Reviewed by Randu Arbitra on August 14, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.