Featured Posts

banner image

Recent in Sports

banner image

Contoh Program Literasi Sekolah dan Format Penilaiannya


Di tengah kancah pendidikan dunia saat ini tingkat literasi Indonesia sangat miris kalau kita segan mengucapkan kata memprihatinkan. Menduduki peringkat ke-60,  jauh berada di bawah negara-negara ASEAN yang lain, Singapura 36, Malaysia ke-53, dan Thailand ke-59.

Padahal anggaran negara untuk bidang pendidikan sangat besar. Namun, rupanya dana yang sangat besar itu tidak diikuti dengan prestasi seperti yang diharapkan. Pendidikan Indonesia masih saja jalan di tempat jika tak ingin dikatakan mundur.

Di sisi lain, pada saat ini pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya mencanangkan program literasi di semua tingkatan pendidikan di Indonesia. Program ini merupakan kebutuhan mendesak yang harus terlaksana secepatnya oleh semua tenaga pendidik dan juga peserta didik.

Realita yang ada saat ini memang sungguh sangat menyedihkan. Siswa tidak mau lagi membaca buku, meskipun itu dipaksa oleh guru, tetap saja mereka mencari alasan untuk tidak membaca. Mereka lebih suka mengganti tugas membaca buku dengan tugas lain.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa, "95% masyarakat Indonesia yang sudah tidak sekolah lagi tidak pernah membaca buku lagi". Ini memang sebuah kenyataan pahit, tapi begitulah adanya.

Meskipun begitu kita tak boleh berputus asa. Pasti ada jalan yang bisa kita tempuh untuk memperbaiki keadaan ini. Program Literasi Sekolah harus semakin digalakkan. Jangan menyerah, kita tak boleh terus-menerus membiarkan anak-anak tidak mau membaca buku, apa pun alasannya siswa, mahasiswa, pendidik, dan semua orang Indonesia harus dibiasakan membaca. Apapun caranya, harus kita temukan.

Baiklah Sahabat TeJa, berikut ini penulis tampilkan contoh Program Literasi Sekolah dan Format Penilaiannya yang telah penulis laksanakan. Program ini sudah penulis jalankan sejak 7 tahun yang lalu, bahkan sebelum kurikulum K13 mewajibkan program literasi. Pada awalnya program ini penulis laksanakan hanya karena merasa prihatin melihat siswa yang tak mau membaca buku. Tentu saja ini tidak boleh dibiarkan. Siswa Harus Baca Buku! Suka atau tidak suka, wajib! 

Namun, di sini penulis mohon maaf karena menampilkan contoh format dalam bentuk gambar. Karena penulis tak pandai membuat tabel di blog.

Contoh Program Literasi Sekolah

Silakan di-klik untuk memperbesar ukuran gambar

Contoh Format Penilaian Program Literasi Sekolah

Silakan di-klik untuk memperbesar ukuran gambar

Anda boleh meng-copy, mengedit, menambah, atau menguranginya tanpa memberitahu penulis. Silakan dishare jika Anda suka.
Contoh Program Literasi Sekolah dan Format Penilaiannya Contoh Program Literasi Sekolah dan Format Penilaiannya Reviewed by Randu Arbitra on September 22, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.