Featured Posts

banner image

Recent in Sports

banner image

Cara Mengeluarkan Kapas Cotton Bud yang Tertinggal di Dalam Kuping


Beberapa waktu yang lalu teman joging saya bercerita kepada saya bahwa dia baru saja pulang dari mengantar istrinya ke dokter. Katanya, ketika istrinya mengorek koping dengan cotton bud kapasnya tertinggal di dalam kupingnya.

Terlihat sekali raut kerisauan ketika dia menceritakan itu. Tapi, saya malah tertawa mendengar ceritanya. Saya pikir, kenapa harus pergi ke dokter kalau hanya mengeluarkan kapas cotton bud yang tertinggal di dalam telinga? Buang-buang duit. Mendingan uangnya untuk mentraktir saya makan siang dan minum jus. Andai saja dia memberitahu saya sebelum berangkat ke dokter. 

Terus terang, saya sudah puluhan kali mengalami hal itu. Kejadian seperti itu tak membuat saya panik, takut, khawatir, apalagi sampai pergi ke dokter.

Sebenarnya caranya sangat gampang. Bisa kita lakukan dengan cara seperti di bawah ini:

  1. Ambillah sebatang lidi yang besarnya sedang saja.
  2. Patahkan lidi itu menggunakan tangan karena ujung lidi yang berserabut yang kita butuhkan.
  3. Patahkan kira-kira panjangnya 7cm s/d 10cm.
  4. Masukkan lidi tersebut kedalam telinga hingga menyentuh kapas pelan-pelan.
  5. Setelah menyentuh kapas lidi itu sedikit ditekan kemudian diputar.
  6. Putar dengan satu arah saja bisa putar kekiri atau kekanan yang penting satu arah (Serabut yang diujung lidi tersebut akan mengikat atau menyantol kapas tadi karena perputaran lidi).
  7. Putar sebentar saja kira-kira jika kapasnya sudah nempel di ujung lidi (biasanya akan terasa sedikit seret) kemudian tarik keluar pelan-pelan. Nah lho, keluar ‘kan?

Pada kesempatan ini penulis juga ingin berbagi tips memilih pengorek kuping yang baik:

1.  Pilihlah cotton bud yang tidak mudah lepas kapasnya. 
Biarlah harganya lebih mahal Rp 1000, yang penting aman ‘kan?
Bayangkan jika cotton bud itu dipakai anak kita yang masih kecil. Lalu kapas tertinggal didalamnya sampai beberapa hari sebab dia takut memberitahu kita karena takut dibawa ke dokter. Kan bisa panjang urusannya.

2.  Pilihlah cotton bud dengan ukuran yang pas.
Ukuran kapas yang terlalu besar akan membuat cotton bud tidak bisa digerakkan di dalam kuping. Lalu dimana letak nikmatnya mengorek kuping jika begitu.
Ukuran kapas yang terlalu kecil akan membuat kapas cepat kotor (menguning, isshhh...).

3.  Pilihlah stick yang tidak mudah patah.
Stick yang patah di dalam kuping jauh lebih berbahaya dibanding kapas yang tertinggal.
Ukuran stick jangan terlalu besar sehingga susah untuk digerakkan, jangan pula terlalu kecil sehingga mudah lentur atau patah.

4. Pilih cotton bud dengan kemasan tabung (tube) bukan bungkus plastik.
Bagi Sahabat Populer yang baru ketagihan dalam urusan korek-mengorek kuping ini ada baiknya Sahabat membeli cotton bud dengan kemasan tube, bukan plastik. Karena, selain lebih aman dan bersih untuk menyimpan cotton bud dalam waktu lama, juga membuat cotton bud tidak mudah berserak-serak. Jika cotton bud sudah habis, belilah cotton bud dalam kemasan plastik. Lalu, masukkan ke dalam tube.

Ingat!! Jangan sekali-kali mengorek kuping dengan korek api, lidi, atau stick yang terbuat dari bahan logam, apalagi paku.. wuiihh. Karena, bagian dalam telinga kita sangat sensitif, gampang sekali berdarah.

Selamat mengorek kuping! Jangan merem-melek gitu donk!
Cara Mengeluarkan Kapas Cotton Bud yang Tertinggal di Dalam Kuping Cara Mengeluarkan Kapas Cotton Bud yang Tertinggal di Dalam Kuping Reviewed by Randu Arbitra on November 26, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.