Featured Posts

banner image

Recent in Sports

banner image

Contoh Materi Pembelajaran Daring Otomatisasi Humas dan Keprotokolan Tentang Pandemi Corona (Covid-19)

Tim medis sedang menangani Pasien Corona (Covid-19)  sumber: google

Sahabat TeJa, kali ini kami ingin berbagi tentang pembelajaran jarak jauh (daring) yang bisa diterapkan sesuai dengan himbauan menteri pendidikan. 

Terlabih dahulu kami ingin menyampaikan bahwa kami adalah guru pengampu Otomatisasi Humas dan Keprotokalan. Nah, tentu saja pada saat-saat seperti ini, seruan pemerintah dan tenaga medis yang bersebar tentang #dirumahaja, sangatlah tepat dengan materi kami. Jadi kami sami sama sekali tidak kesulitan melaksanakan pembelajaran jarak jauh (daring) bersama siswa. 

Baiklah Sahabat TeJa, mari kita lihat seperti apa kami membarikan materi dan tugas tentang materi Otomatisasi Humas dan Keprotokalan Pada Saat Pandemi Corona (Covid-19) - Life Skill; di bawah ini. 


Berdasarkan kebijakan menteri penididikan tentang proses belajar dirumah:
1. Dilarang membebani proses belajar secara daring dengan capaian kurikulum.
2. Materi dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup seperti tentang covid-19.
3. Tugas dan aktivitas disesuaikan dengan kondisi siswa, seperti akses dan fasilitias. 

Maka materi yang kita bahas hari ini adalah tentang covid-19.

Sebenarnya, materi ini sangatlah sesuai dengan inti dari pembelajaran otomatisasi humas dan keprotokalan. Karena, pada saat ini banyak sekali himbuan pemerintah dan tim medis yang bersebar, baik dimedia elektronik, sosial media, dan media cetak. 

Selain itu, berbagai keprotokolan dan prosedur diterapkan. Bahkan untuk masuk ke sebuah bank saat ini seorang nasabah terlebih dahulu harus mencucui tangan dengan sabun pada wastafel yang telah disediakan di depan pintu, suhu badan di-scan, dan duduk di bangku yang dijarang-jarangkan. 

Bukankah semua ini adalah inti dari pelajaran humas dan keprotokolan? Propaganda dan prosedur.

Ada beberapa hal menarik yang sebaiknya kita bicarakan.
1. Himbauan pemerintah untuk #dirumahaja
2. Kurangnya tenaga medis dan peralatan yang dibutuhkan jauh dibawah standar
3. Sekolah libur 2 minggu tapi malah keluyuran
4. Beberapa tempat ibadah ditutup sementara waktu 
5. Tempat hiburan dan mall masih tetap buka 
6. Masker dan handsanitizer tiba-tiba lenyap dipasaran dikarena diborong oleh penimbun yang coba meraup keuntungan dalam kondisi masyrakat yang sedang sangat membutuhkan. 
7. Pemberitaan di media yang tiap saat menebarkan ketakutan tentang kematian di Italia mencapai hampir ribuan orang setiap hari. 
8. Kebijakan lockdown yang memang sudah sangat perlu diterapkan, tapi akan sangat menyusahkan bagi para pekerja dengan upah harian
9. ... dan masih banyak sisi lain yang seharusnya tidak luput dari bahasan kita. 

Nah, untuk itu, kali ini Anda cukup memberikan opini/pendapat Anda tentang salah satu aspek yang paling menarik untuk Anda bahas.

Tugas :
Tulislah opini Anda tersebut pada kertas (jika Anda tidak punya laptop) atau pada Ms. Word bagi Anda yang punya laptop.
a. Panjang tulisan minimal 800 kata (+- 2 halaman quarto jika diketik; 2.5 halaman folio jika ditulis tangan)
b. Tulisan Anda bersifat opini. Namun, Anda juga harus membeberkan data-data yang dianggap valid yang didapatkan dari berbagai sumber untuk memperkuat argumentasi yang Anda sampaikan.
c. Bagi Anda yang mengerjakan tugas ini menggunakan laptop, jika telah selesai, maka kirimkan lah tugas Anda itu seperti Anda menyerahkan tugas Anda seperti biasa melalui google classroom. Atau Anda juga boleh mengirim melalu aplikasi Whatsapp (WA).
d. Bagi Anda yang mengerjakan tugas ini dengan tulis tangan, maka serahkan tugas Anda pada saat proses belajar mengajar dikelas saat mata pelajaran Otomatisasi Humas dan Keprotokolan.
e. Tugas ini bisa Anda kerjakan selama 3 hari. Namun, tentu saja bagi yang lebih cepat selesai ada poin tambahan.

Selamat bekerja
Contoh Materi Pembelajaran Daring Otomatisasi Humas dan Keprotokolan Tentang Pandemi Corona (Covid-19) Contoh Materi Pembelajaran Daring Otomatisasi Humas dan Keprotokolan Tentang Pandemi Corona (Covid-19) Reviewed by Randu Arbitra on March 25, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.