Featured Posts

banner image

Recent in Sports

banner image

Contoh Materi Pembelajaran Daring Mapel PKK- "Ramadhan di Tengah Badai & Dilema Pedagang Musiman"

Pedagang Kaki Lima (sumber IDNTimes)
Jika kita melihat kondisi saat ini maka mau tidak mau nampaknya pemerintah harus mengambil keputusan memperpanjang imbauan belajar dan bekerja di rumah. Dilema memang, tapi nyawa dan kesehatan lebih penting daripada ilmu.

Kami, selaku penulis terangijalan.com selalu berdoa semoga para Sahabat TeJa semua selalu di bawah lindungan Allah SWT, dengan tetap menjaga kesehatan, kebersihan dan #dirumahaja sebagai upaya melawan pandemi covid-19.

Baiklah Bapak/Ibu pengampu mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan, berikut ini kami kami ingin berbagi sedikit materi yang pernah kami berikan kepada siswa kami melalui pembelajaran daring tentang "Ramadhan di Tengah Badai & Dilema Pedagang Musiman".

Untuk penyesuaian dengan kondisi yang terjadi di sekolah dan kota Bapak/Ibu, silakan ubah beberapa hal sesuai dengan keperluan.

Baiklah untuk tidak memperpanjang mukadimah mari kita lihat materi yang kami maksud di bawah ini.

Materi 

Asslamualaikum!
Selamat Siang!

Sebelum belajar biasakan berdoa terlebih dahulu agar jadi amal ibadah.

Materi yang kita bahas hari ini sangatlah mudah, berkaitan dengan kebijakan pemerintah kota Pekanbaru yang mengambil ancang-ancang untuk menerapkan lockdown.

"Ramadhan di Tengah Badai & Dilema Pedagang Musiman"

Bang Muslim dan istrinya adalah pedagang cendol musiman. Sudah lebih dari 10 tahun terakhir, setiap Ramadhan, saya selalu membeli cendolnya setiap sore. Namun anehnya, saya hanya bertemu mereka pada bulan Ramadhan saja. Di luar Ramadhan saya tak pernah melihat mereka. Saya juga tak tahu mereka tinggal dimana.

Setiap tahun mereka berdua membuka lapak dagangannya di depan Indomart, jalan beringin, Gobah, setiap hari, sehabis Ashar, menunggu waktu berbuka. Cendolnya sangat enak, manis, dan bisa di pesan sesuai selera. Pilihannya juga banyak, ada cendol sagu, tapai, dan macam-macam yang lain yang saya kurang tahu dari bahan apa.

Namun untuk tahun ini, saya ragu, apakah mereka akan tetap akan membuka dagangannya seperti biasa, layaknya 10 tahun terakhir ini.

Begitu juga dengan ribuan pedagang Ramadhan lainnya.

Mungkinkah tetap ada pasar Ramadhan seperti biasa di tengah badai pandemi seperti ini? Karena desakan ekonomi untuk mendapatkan modal lebaran mungkinkah ada pedagang yang tidak mengindahkan anjuran pemerintah untuk tetap di rumah saja? Di sisi lain, masihkah ada orang-orang yang ngabuburit untuk mencari takjil untuk berbuka, tahun ini?

Momen ngabuburit adalah momen perputaran uang dalam jumlah milyaran Rupiah. Dan hebatnya, jual beli itu terjadi antara pelanggan dengan pedagang-pedagang kecil, yang keseluruhannya adalah penduduk lokal. Tentu saja ini sangat berdampak baik untuk memperkuat ekonomi masyarakat secara menyeluruh.

Nah, tugas Anda adalah membuat opini Anda sendiri tentang dilema pedagang Ramadhan apakah akan tetap berjualan dengan segala risikonya atau memilih untuk berisitirahat tahun ini, juga dengan segala risikonya.

Anda boleh mencari referensi di internet. Namun, opini yang Anda buat tentu saja berasal dari pikiran Anda sendiri.

Tugas

Tulislah opini Anda tersebut pada kertas (jika Anda tidak punya laptop) atau pada Ms. Word bagi Anda yang punya laptop.
a. Minimal ada "3 risiko" yang Anda sajikan dalam opini yang Anda tulis tersebut. Baik itu dampak buruk atau dampak baik, terserah.
b. Panjang tulisan minimal 500 kata (+- 1.5 halaman quarto jika diketik; 2 halaman folio jika ditulis tangan)
c. Tulisan Anda bersifat opini. Namun, Anda dibolehkan browsing untuk mendapatkan data-data yang dianggap valid dari berbagai sumber untuk memperkuat argumentasi yang Anda sampaikan.
d. Bagi Anda yang mengerjakan tugas ini menggunakan laptop, jika telah selesai, maka kirimkan lah tugas Anda itu seperti Anda menyerahkan tugas Anda seperti biasa melalui google classroom.
e. Bagi Anda yang mengerjakan tugas ini dengan tulis tangan, maka fotolah hasil kerja Anda dan unggah ke google class.
f. Tugas ini bisa Anda kerjakan selama 3 hari. Namun, tentu saja bagi yang lebih cepat selesai ada poin tambahan.

Jangan lupa untuk menuliskan kata "Hadir Pak!!" di bawah ini untuk menunjukkan kehadiran Anda pada kelas saya kali ini.

Selamat Bekerja!!
Contoh Materi Pembelajaran Daring Mapel PKK- "Ramadhan di Tengah Badai & Dilema Pedagang Musiman" Contoh Materi Pembelajaran Daring Mapel PKK- "Ramadhan di Tengah Badai & Dilema Pedagang Musiman" Reviewed by Randu Arbitra on April 06, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.